Beranda > Tak Berkategori > (022) PENGARUH LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

(022) PENGARUH LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki hubungan timbal balik dengan lingkungan sekitarnya, baik lingkungan fisik, lingkungan biologis, maupun lingkungan sosial satu dengan yang lainnya saling mempengaruhi.

Lingkungan sering dikatakan secara sempit, seolah-olah lingkungan hanyalah alam sekitar di luar diri manusia/individu. Lingkungan sebenarnya mencakup segala aspek, baik materiil dan stimuli di dalam dan luar diri individu manusia

Lingkungan pendidikan adalah sebagai segala sesuatu yang berada di luar diri anak dan mempengaruhi perkembangannya (Ubaiyah, 1998:209). Lingkungan yang buruk dapat mempengaruhi pembawaan yang baik, tetapi lingkungan yang baik belum tentu dapat menjadi pengganti suatu pembawaan yang baik. Bila lingkungan sekitar merupakan lingkungan yang baik dan kondusif untuk belajar, maka dengan sendirinya masyarakat penghuni lingkungan tersebut akan terpanggil atau terpengaruh untuk beljar dengan baik. Sebagai contoh : kondisi masyarakat di pedesaan yang kebanyakan bekerja sebagai petani, maka orang-orang di sekitar itu akan ikut terpengaruh untuk bertani. Demikian juga jika pada lingkungan tersebut belajar yang baik sudah menjadi budaya, maka para penghuni lingkungan tersebut bisa terbawa ke dalam lingkungan belajar

Uraian di atas mengisyaratkan bahwa watak atau kepribadian seseorang selain ditentukan oleh potensi dasar yang dimilikinya juga ditentukan oleh lingkungan. Faktor lingkungan, baik lingkungan keluarga maupun lingkungan sosial memberikan andil yang kuat dalam pembentukan, penempatan potensi-potensi dasar yang dimiliki oleh anak serta dalam memotivasi belajar anak. Sehingga seorang anak didik akan akan beruntung bila mendapatkan lingkungan yang baik, demikian pula sebaliknya anak didik akan sangat rugi bila kebetulan bergaul dengan lingkungan yang kurang baik.

Selanjutnya, Motivasi dalam kegiatan belajar siswa adalah merupakan suatu hal yang sangat penting, sebab dengan adanya motivasi ini, gairah dan semangat belajar siswa menjadi tinggi, serta akan membuat mereka tekun dan sungguh-sungguh. Dari observasi awal yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa MTs. Darul Hamidy Iwan Darmaji Kecamatan Kopang Lombok Tengah sangat tergantung pada lingkungan masyarakat dimana siswa tersebut tinggal. Siswa yang berada di lingkungan masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap belajar, anak biasanya memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar. Begitu juga sebaliknya, siswa yang berada di lingkungan masyarakat yang kurang peduli terhadap belajar anak memiliki motivasi yang rendah dalam hal belajar.

Bertolak dari kenyataan di atas, maka sangatlah penting untuk melakukan penelitian tentang “Pengaruh Lingkungan Masyarakat terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs. Darul Hamidy Iwan Darmaji Kecamatan Kopang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2006-2007”.

1.2. Rumusan Masalah

Bertolak dari latar belakang di atas dapat dirumuskan beberapa permaslahan sebagai berikut:

1.2.1. Bagaimana pengaruh lingkungan masyarakat terhadap motivasi belajar siswa MTs. Darul Hamidy Iwan Darmaji Kecamatan Kopang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2006-2007?.

1.2.2. Apa permasalahan yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs. Darul Hamidy Iwan Darmaji Kecamatan Kopang Lombok Tengah Pelajaran 2006-2007?.

1.2.3. Apa-apa solusi yang dapat dilakukan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa MTs. Darul Hamidy Iwan Darmaji Kecamatan Kopang Lombok Tengah Pelajaran 2006-2007?.

1.3. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.3.1. Tujuan Penelitian

Berdasarkan dari uraian pada rumusan masalah, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:

1.3.1.1. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh lingkungan masyarakat terhadap motivasi belajar siswa MTs. Darul Hamidy Iwan Darmaji Kecamatan Kopang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2006-2007.

1.3.1.2. Untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs. Darul Hamidy Iwan Darmaji Kecamatan Kopang Lombok Tengah Pelajaran 2006-2007.

1.3.1.3. Untuk mengetahui solusi yang dilakukan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa MTs. Darul Hamidy Iwan Darmaji Kecamatan Kopang Lombok Tengah Pelajaran 2006-2007.

1.3.2. Manfaat Penelitian

Dengan melaksanakan penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

1.3.2.1. Manfaat Teoritis

Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pemahaman tentang tingkat pengaruh lingkungan terhadap motivasi belajar siswa bagi Madrasah yang bersangkutan.


1.3.2.2. Manfaat Praktis

Hasil penelitian ini dapat dijadikan kontribusi bagi pengajar atau yang terkait dengannya, terutama Kepala Sekolah, staf dan Orang tua siswa.

dapatkan file lengkapnya

klik disini

Kategori:Tak Berkategori
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: