Beranda > Tak Berkategori > (038) Web Traffic Engineering

(038) Web Traffic Engineering

<div style="border-bottom: rgb(238,238,238) 1px solid; border-left: rgb(238,238,238) 1px solid; padding-bottom:

10px; padding-left: 10px; width: 550px; padding-right: 10px; font-family: arial; height: 1825px; overflow: auto;

border-top: rgb(238,238,238) 1px solid; border-right: rgb(238,238,238) 1px solid; padding-top: 10px”>

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Melakukan pencarian dokumen, data atau informasi di internet menjadi lebih mudah dengan menggunakan serach engine, tetapi dengan ledakan jumlah data pada search engine, pencarian dokumen, data atau informasi menjadi tidak sederhana lagi. Apalagi mengingat begitu menyebarnya dokumen, data atau informasi di mana-mana, bahkan University of California menyebutkan saat ini telah terdapat lebih dari 50 miliyar halaman web di Internet [1] , meskipun tidak satupun yang benar-benar tahu jumlah persisnya.

Saat ini, dunia maya (internet) telah menjadi suatu media yang sangat diandalkan untuk menjalankan segala aktifitas secara universal. Apalagi setelah berkembangnya blog dan keberadaan domain-domain gratisan, yang memberikan kesempatan bagi para pengguna internet untuk menyalurkan aspirasinya melalui internet. Dunia maya tidak hanya dimanfaatkan oleh kaum individu, namun instansi/perusahaan sekalipun banyak yang bergantung pada internet untuk memberikan layanannya masing-masing, baik hanya untuk sekedar memberikan informasi sampai kepada penjualan produk. Maka dari itu, berbisnis melalui internet (internet business) merupakan bisnis yang potensial dan berprospek cerah mengingat kebaradaan internet yang semakin berkembang, dan juga penggunanya yang semakin bertambah dari masa ke masa.

Untuk memulai suatu bisnis melalui internet memang tidak mudah. Salah satu faktor yang sangat krusial adalah publikasi dan promosi [2]. Promosi website menjadi sangat penting karena salah satu tujuan utama sebuah website dibangun adalah mendatangkan pengunjung sehingga informasi yang ada dalam website tersebut tersampaikan. Yang jadi masalah ternyata mendatangkan pengunjung yang tepat tidaklah mudah, bahkan bisa lebih sulit dibandingkan proses membuat website itu sendiri. Maksud pengunjung yang tepat adalah berbeda maknanya dengan pengunjung yang banyak. Artinya mereka benar-benar membutuhkan informasi yang disediakan website kita. Salah satu dari sekian banyak indikasi kesuksesan sebuah website adalah traffic. Traffic menunjukkan bahwa website tersebut digemari oleh pengunjungnya. Salah satu cara yang efektif untuk mendatangkan pengunjung bagi website tersebut adalah melalui search engine[8].

Salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah memunculkan website pada halaman-halaman awal situs-situs search engine yang dikenal dengan teknik SEO (Search Engine Optimizer). Hal ini penting sebagai langkah awal dalam memperkenalkan dan mempromosikan website kita, karena banyaknya pengguna internet yang menggunakan search engine untuk mendapatkan apa yang mereka cari. SEO adalah salah satu cara promosi website untuk mendatangkan pengunjung. Perlu diketahui bahwa 80% lebih orang mencari informasi (browsing) menggunakan search engine. Target SEO adalah menempatkan website kita pada halaman depan (1,2,3…) pada hasil pencarian dengan keyword tertentu. Jarang sekali orang melihat hasil pencarian pada halaman 5 atau 10 ke atas. Semakin banyak pengunjung semakin meningkat traffic suatu web.

Atas dasar masalah di atas, Penulis mencoba membuat sebuah aplikasi “Web Traffic Engineering”. Dengan aplikasi ini traffic suatu web akan meningkat. Bagaimana suatu aplikasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan web traffic dengan re-engineering (manipulasi) web traffic.

1.2 Rumusan Masalah

Bagaimana suatu aplikasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan web traffic dengan manipulation web traffic. Permasalahan adalah perlu kehati-hatian karena untuk menghindari dianggap sebagai spam atau flooding.

1.3 Batasan Masalah

Dalam penulisan skripsi ini, pembahasan akan dibatasi pada teknik meningkatkan web traffic dengan manipulation web traffic. Menggunakan bahasa pemrograman Python karena bahasa script yang simple dan mendukung untuk jaringan dan web serta menghubungkan dengan web browser berbasis teks dari Lynx. dengan operating system yang digunakan yakni Open SUSE 10.3.

1.4 Tujuan Penelitian

Tujuan utama dari penulisan skripsi ini adalah membuat suatu aplikasi yang digunakan untuk memanipulasi traffic suatu web sehingga dengan aplikasi ini, traffic suatu web akan meningkat.

1.5 Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode pustaka yang dilakukan dengan mempelajari buku-buku, artikel dan berbagai macam literatur yang berhubungan dengan pembahasan penulisan ini.

1.6 Sistematika Penulisan

Untuk memberikan sedikit gambaran dari penulisan skripsi ini, penulis menguraikan isi setiap bab secara garis besar dalam sistematika penulisan berikut:

BAB I. PENDAHULUAN

Bab ini menguraikan latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisann yang digunakan di dalam penulisan tugas akhir skripsi ini.

BAB II. LANDASAN TEORI

Menguraikan tentang teori-teori Pencarian Search Engine dan Penhitungan Hit pada search engine. Menjelaskan pula tentang measure web traffic dan sniffer.

BAB III. PEMBAHASAN

Menjelaskan tentang script program manipulation traffic dengan menggunakan bahas pemrograman python dan cara menghubungkannya dengan browser LYNX dan alur logika program menggunakan flowchart.

BAB IV UJI COBA DAN ANALISA

Penjelasan tentang hasil uji coba dan analisisnya dari aplikasi yang telah dibuat. Dengan mencobanya di IP computer yang berbeda.

BAB V PENUTUP

Berisi tentang kesimpulan dan saran penulisan skripsi yang telah diuraikan oleh penulis. Berdasarkan kesimpulan tersebut penulis membuat saran yang dianggap perlu dalam pengembangan.

dapatkan file lengkapnya

klik disini

Kategori:Tak Berkategori
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: