Beranda > Tak Berkategori > (001) PERANAN KOMPUTER DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN

(001) PERANAN KOMPUTER DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN

<div style="border-bottom: rgb(238,238,238) 1px solid; border-left: rgb(238,238,238) 1px solid; padding-bottom:

10px; padding-left: 10px; width: 550px; padding-right: 10px; font-family: arial; height: 1825px; overflow: auto;

border-top: rgb(238,238,238) 1px solid; border-right: rgb(238,238,238) 1px solid; padding-top: 10px”>

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Dalam era globalisasi dewasa ini, dimana dunia semakin terasa sempit karena kemajuan teknologi, terutama di bidang informasi, komunikasi dan teknolo­gi, terlihat tuntutan tugas bagi semua pihak yang se­makin meningkat dan semakin berat. Dikalangan organi­sasi pemerintah baik di tingkat pusat maupun di ting­kat daerah, mereka terasa perlunya penyelesaian tugas umum pemerintahan dan pembangunan dengan cepat, ber­daya guna dan berhasil guna.

Proses pelaksanaan administrasi dapat dipercepat dan dipertepat serta praktis dengan meman­faatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terse­but, di samping dengan menggunakan cara kerja yang sesuai dengan prinsip-prinsip administrasi, organisasi dan manajemen yang moderen.

Administrasi, organisasi dan manajemen yang moderen itu hanya dapat terwujud apabila manusia sebagai pelaksananya berpikiran moderen dan maju atau disebut juga manusia moderen. Manusia moderen adalah mereka yang sadar dan berusaha meningkatkan “mutu hidupnya”. Mutu hidup itu hanya dapat terwujud apabila ia beker­jasama dengan orang lain dalam berbagai bentuk organi­sasi (organisasi pemerintah, organisasi niaga dan organisasi kemasayarakatan lainnya).

Sejalan dengan semakin meningkatnya kegiatan yang harus dilakukan mulai dari mengumpulkan, men­ginterprestasi, menyimpan dan menyalurkan data kepada pemakai, maka pada abad teknologi sekarang ini penangannannya akan lebih efisien dan ekonomis apabila dilakukan dengan menggunakan alat-alat elektronis seperti komputer dalam mengolah data menjadi informasi.

Komputer dapat bekerja dengan sangat cepat dalam mengolah data, menganalisa data, mengklasifikasi data, menyimpan data dan mengambil data dari tempat penyim­panannya, maka sangatlah tepat bila organisasi yang kegiatan-kegiatannya banyak dan kompleks untuk meman­faatkannya.

Namun perlu disadari bahwa komputer itu akan berarti dan berguna di dalam organisasi terutama dalam pelaksanaan tugas-tugas administrasi seperti di sebut­kan di atas apabila ditunjang dengan kemampuan manusia yang mempergunakannya.

Tegasnya berhasil tidaknya proses komputerisasi sangat tergantung dalam setiap organisasi. Jadi kom­puter adalah hanya merupakan alat bagi manajemen dalam melaksanakan aktivitas-aktivitasnya.

Sehubungan berbagai pembahasan dikemukakan di atas, maka dicoba untuk melakukan suatu penelitian dengan judul “Peranan Komputer Dalam Pengelolaan Adminiistrasi Pada Kantor Dinas Pendidikan Kabuparten Wajo”

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan dari judul dan latar belakang masa­lah yang telah diuraikan terdahulu, maka penulis mengutarakan rumusan masalah sebagai berikut :

1. Bagaimana peranan Komputer dalam pengelolaan Administrasi pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo ?

2. Kendala-kendala apa yang dijumpai dan bagaimana cara pemeca­hannya ?

C. Tujuan dan Kegunaan Peneleitian

l. Tujuan Penelitian.

a. Untuk mengetahui peranan komputer dalam pengelolaan administrasi pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo .

b. Untuk mengetahui kendala-kendala yang dijumpai dalam mengoperasikan komputer dalam pengelolaan administrasi serta pemecahannya.

2. Kegunaan Penelitian.

a. Bahan informasi kepada semua pihak agar dapat mengetahui peranan komputer dalam pengelolaan administrasi pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo.

b. Sebagai bahan perbandingan dan informasi bagi semua pihak yang berkepentingan/bagi para pene­liti selanjutnya.

4. Variabel dan Definisi Operasional.

Variabel penelitian ini adalah peranan, komputer, dan administrasi kearsipan

a. Peranan, merupakan suatu fungsi atau tugas yang diharapkan dari seseorang atau organisasi di dalam suatu pekerjaan yang merupakan tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaannya.

b. Komputer, dimaksudkan sebuah cara memproses data menurut perintah yang disimpan di dalam memorin­ya.

c. Administrasi, dimaksudkan adalah tugas-tugas yang dilakukan oleh administrator atau manajer dalam suatu organisasi.

D. Metode Penelitian.

Penulisan suatu karya ilmiah seperti halnya sebuah skripsi tentu memerlukan suatu informasi atau data dari hasil penelitian yang merupakan kegiatan awal sebelum memasuki kegiatan penulisan, yang bertu­juan untuk mengetahui segala permasalahan dan data konkrit kemudian menjadi dasar dari pada penyajian dan pembahasan.

1. Populasi dan Sampel Penelitian.

a. Populasi.

Untuk mendapatkan informasi atau data, perlu dibentuk kelompok sasaran yang lazim disebut dengan populasi. Dalam penelitian ini dipilih obyek penelitian Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo. dan menetapkan seluruh pejabat struktural dan operator Kumputer yang berjumlah 42 orang sebagai populasi, dengan perincian sebagai berikut :

1) Pejabat Struktural………………………………. … 27 orang

2) Operator Kumputer ……………………………….. 15 orang

Jumlah…………………………. 42 orang

b. Sampel.

Jumlah populasi mampu dijangkau oleh peneliti, maka sampel penelitian ditetapkan sama dengan jumlah populasi atau sampel penuh.

Jadi jumlah sampel adalah 42 orang dengan perincian sama dengan perincian pada populasi.

2. Tipe dan macam penelitian.

Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif untuk mendapatkan gambaran yang jelas berdasarkan kenyataan dengan melalui fakta dengan jalan mengajukan serta mengumpulkan data sebanyak-banyaknya yang ada relevansinya dengan materi yang dibahas.

Untuk hal tersebut penulis melakukan peneli­tian untuk mengumpulkan data yang diperlukan pada dua tempat yaitu :

a. Library Riset (penelitian kepustakaan), yaitu mengambil data dan memahaminya melalui sejumlah literatur, karya tulis, serta aturan-aturan dan petunjuk-petunjuk dengan materi pembahasan skripsi ini.

b. Filed Riset (penelitian lapang), yaitu dengan mengadakan penelitian lapang pada obyek terten­tu, dalam hal ini Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo.

3. Teknik Pengumpulan Data.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah :

a. Observasi (pengamatan) suatu teknik pengumpulan data melalui pengamatan secara cermat terhadap obyek penelitian dan gejala serta peristiwa yang timbul dalam proses mekanisme yang berjalan.

b. Interview (wawancara), yaitu metode/teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan mengada­kan tanya-jawab dengan para responden.

c. Angket atau Kuesioner.

Kuesioner yang disebut sebagai angket dimaksudkan sebagai sejumlah pertanyaan yang disusun dalam bentuk daftar, kemudian diajukan kepada responden untuk dijawab.

Data penelitian yang diperoleh melalui angket dijadikan sebagai dasar pertimbangan utama dalam deskripsi hasil penelitian, khususnya setelah diolah secara persentase.

Angket yang digunakan dalam peneleitian ini telah dilengkapi dengan alternatif jawaban, dan masing-masing alternatif jawaban memiliki bobot nilai yang berbeda, responden hanya menentukan atau memilih satu diantara alternatif tersebut.

Pemberian skor atas jawaban responden pada masing-masing alternatif jawaban, berdasarkan skala likert, sebagaimana yang dikemukakan Efendi S (1989 : 11), dijelaskan bahwa “

“cara pengukuran adalah dengan mengharapkan seseorang responden dengan sejumlah jawaban sangat baik, baik, cukup baik, kurang baik, dan sangat kurang baik dan jawaban ini di beri skor 5(lima), 4(empat), 3(tiga), 2(dua), 1(satu)“.

Perlu dikemukakan bahwa angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang dilengkapi dengan empat alternatif jawaban, sehingga skor atau bobot yang diberikan pada alternatif tertinggi adalah 4 (empat), dan terendah 1(satu). dengan perincian sebagai berikut.

1) Alternatif jawaban (a), bobot nilaianya 4 (empat).

2) Alternatif jawaban (b), bobot nilainya 3 (tiga)

3) Alternatif jawaban (c), bobot nilainya 2 (dua).

4) Alternatif jawaban (d), bobot nilainya 1 (satu).

d. Dokumentasi, adalah sebagai data dan informasi yang sifatnya telah tersimpan dalam bentuk surat-surat berharga atau dokumen.

4.Tehnik Analisis Data

Pengolahan secara presentase dilakukan dengan menggunakan rumus berikut :

F X 100 %

n

Keterangan f = Frekuensi jawaban setelah dibobot

n = Skor ideal .

Hasil pengolahan presentase selanjutnya akan dilakukan pengkategorian dengan mengacu pada pendapat yang dikemukakan oleh Soegiyono, 1991, dimana dinayatakan bahwa :

1. Jika nilai presentase antara 85 % s/d 100 % adalah sangat baik

2. Jika nilai presentase antara70 % s/d 84 % adalah baik

3. Jika nilai presentase antara 55 % s/d 69 % adalah

sedang.

4. Jika nilai presentase antara 40 % s/d 54 % adalah kurang.

5. Jika nilai presentase antara 25 % s/d 39 % adalah buruk. (Soegiyono 1991 : 43)”.

.

E.Sistematika Pembahasan.

Bab I. Pendahuluan, diuraikan tentang Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan dan Kegunaan Penelitian, Metode Penelitian, dan Sistimatika Pembahasan.

Bab II. Tinjauan Pustaka, diuraikan tentang Pengertian Peranan, Komputer, Manajemen Perkantoran, Pekerjaan Kantor, dan Kerangka Konseptual.

Bab III. Gambaran Umum Lokasi Penelitian. diuraikan tentang Tugas Pokok dan Fungsi, Susunan dan Struktur Organisasi, Uraian Tugas, Keadaan Pegawai

Bab IV. Hasil Penelitian dan Pembahasan, diuraikan tentang peranan Komputer, Kendala serta pemecahannya.

Bab V. Penutup, diuraikan tentang Kesimpulan dan Saran-Saran.

Daftar Pustaka

dapatkan file lengkapnya

klik disini

Kategori:Tak Berkategori
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: